x

Warga Keluhkan Kolesterol dan Gula Darah, Puskesmas Sukorejo Usulkan Tes Kebugaran

Blitar Kota - Jumat, (16/10/2020), setelah melakukan pemeriksaan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (Dedi si PTM) di lingkungan Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Sukorejo pada tanggal 1 dan 2 Oktober lalu, Puskesmas Sukorejo mengusulkan untuk melakukan kegiatan pencegahan ataupun meminimalisir penyakit tidak menular. Hal ini dilakukan lantaran hasil dari Dedi si PTM menunjukkan keluhan kolesterol dan gula darah tinggi.

Wisma Yuniar, Kepala UPTD Puskesmas Sukorejo mengatakan, sebelumnya Dedi si PTM menyasar dibeberapa Pos Binaan Terpadu (Pos Bindu), di antaranya pos bindu sekolah, instansi dan masyarakat. Pemeriksaan dilakukan dengan pengambilan darah, tensi, dan sejenisnya untuk mendeteksi penyakit tidak menular warga Kecamatan Sukorejo. Wisma mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan Juyanto, Camat Sukorejo untuk penanganan penyakit tidak menular yang dialami oleh warga Kecamatan Sukorejo khususnya di lingkup Kelurahan dan Kecamatan. Bahkan, Wisma mengusulkan untuk melakukan kegiatan pencegahan, diantaranya melakukan penyuluhan maupun tes kebugaran, pihaknya siap membantu.

“Saya sudah koordinasi dengan camat Sukorejo, saya sampaikan hasilnya seperti ini. Kalau misalkan Kecamatan ingin ada penyuluhan maupun tes kebugaran saya siap membantu bersama teman-teman untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular,” jelas Wisma.

Sebelumnya Tes Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (Dedi si PTM) yang dilakukan Puskesmas Sukorejo di lingkup Kecamatan dan Keluarahan telah memeriksa sebanyak 107 orang. (Fix)

Share icon