x

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Sebarkan Pemikiran Bung Karno Lewat Dialog Kebangsaan

Blitar Kota - Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati Bulan Bung Karno, Senin (17/06/2019), di area Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar. Dihadiri perwakilan Perpusnas RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, Sekretaris Daerah Kota Blitar, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota, Kabupaten Blitar. Ribuan peserta juga terlibat, berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, pemuda, sejarawan dan budayawan Kota Blitar. 

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, Yanti Sukma Rini menjelaskan, Dialog Kebangsaan rutin dilaksanakan untuk merefleksikan kembali gagasan Proklamator dan para pejuang dalam mencetuskan Pancasila. Hal ini sebagai upaya UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, dalam meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda. 

“Generasi muda harus bisa memahami nilai-nilai Pancasila untuk menjaga keutuhan NKRI, juga memahami pemikiran Bung Karno untuk mewujudkan kemerdekaan,” jelas Yanti.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Rudi Wijanarko juga sangat mendukung kegiatan ini. Selain memupuk jiwa nasionalisme generasi muda, juga semakin menguatkan Kota Blitar sebagai Bumi Bung Karno. Pihaknya berharap ke depan Dialog Kebangsaan ini bisa mencakup berbagai wilayah.

“Perpus Bung Karno sudah cukup aktif melakukan beberapa kegiatan, kalau bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Rudy.

Selain Dialog Kebangsaan, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar juga menggelar pameran UKM, di area MBK untuk menyemarakan bulan Bung Karno. Mulai tanggal 17 sampai 20 Juni 2019. (Kir)

Share icon