x

UPT Perpus Nasional Proklamator Bung Karno Luncurkan Program Baru

Blitar Kota - Kamis, (22/10/2020), Unit Pelayanan Terpadu Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno Kota Blitar mengadakan Pekan Literasi yang diselenggarakan mulai dari 22 hingga 27 Oktober mendatang. Dalam rangka pembukaan Pekan Literasi, UPT Perpus Nasional Proklamator Bung Karno meluncurkan program "SILAKAN", yang bekerja sama dengan salah satu ojek online yang ada di Kota Blitar. "SILAKAN" merupakan program untuk pemustaka, kepanjangan dari Sistem Pelatanan Anda Pesan Kami Antarkan.

Yanti Suksmarini, Kepala UPT Perpus Nasional Proklamator Bung Karno mengatakan, dalam pekan literasi ini bertujuan untuk memperingatai Hari Sumpah Pemuda. Dengan tema Kebangsaan, Pekan Literasi diharapkan dapat menumbuhkan semangat masyarakat dalam berliterasi meski ditengah pandemi Covid-19.

“Perpustakaan Proklamator Bung Karno, berharap sesuai dengan cita-cita Bung Karno, kami berharap dengan adanya perpus ini masyarakat bisa bersatu apa lagi menjelang sumpah pemuda ini masyarakat bisa bersatu.” jelas Yanti.

Sementara itu, Agus Soetoyo, Kepala Bidang Layanan Kerjasama dan Informasi UPT Perpustakaan Nasional Bung Karno usai acara mengatakan, di hari pertama Pekan Literasi ini pihaknya juga meluncurkan program "SILAKAN" yang ditujukan bagi pemustaka lanjut usia, ataupun yang memiliki keterbatasan dalam menjangkau Perpus Bung Karno. "SILAKAN" akan beroperasi 7 hari kerja mengantarkan buku-buku yang telah di pesan sebelumnya melalui WhatsApp. Targetnya, dalam sehari kurir "SILAKAN" akan mengantarkan 5 buku menuju rumah pemustaka di lingkup Kota Blitar.

“SILAKAN ini kami utamakan yang lansia atau anak anak, melalui pesan online. Ini juga kami batasi, kita sortir maksimal 5 pengiriman sehari,” kata Agus.

Tidak hanya peluncuran program "SILAKAN", dalam Pekan Literasi ini juga terdapat berbagai stan yang menyajikan produk homemade produk khas Kota Blitar. (Fix)

Share icon