x

Tingkatkan konsumsi pangan B2SA, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian gelar Lomba Cita Menu Tingkat Kota Blitar 2019

Blitar Kota - Tujuan acara digelar untuk menggali potensi pangan sumber karbohidrat non beras. Selain itu, juga untuk mengangkat citra makanan lokal, dan pola konsumsi pangan masyarakat yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman ( B2SA ).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ir. Rodiah  saat ditemui di kantornya, Rabu (26/06/2019) siang mengatakan, lomba kali ini diikuti 24 tim penggerak PKK Pokja 3 Kecamatan dan Kelurahan se Kota Blitar, dengan tema Lunch Box dan mengarah ke bisnis. Tim penilai berasal dari Ahli Boga SMKN 3 Kota Blitar, Perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia ( PHRI ) Kota Blitar.

“Tahun lalu kan temanya menu keluarga dan kudapan yang jumlahnya banyak, tahun ini simple ya, lunch box dan kudapan yang bernilai bisnis,” jelas Rodiah.

Sementara itu plt Walikota Blitar, Drs H Santoso M.Pd saat membuka Lomba Cita Menu Tingkat Kota Blitar 2019 di Area Kebun Edukasi Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Rabu (26/06/2019) siang mengatakan, secara khusus lomba digelar untuk mengembangkan kreatifitas ide baru yang orisinil, agar sesuai dengan selera masyarakat dan memberi nilai tambah serta pendapatan, bagi masyarakat yang melaksanakan usaha pengolahan.

“Ini lebih ke arah usaha memasyarakatkan makanan B2SA non nasi, agar lebih digemari dan disukai, makanya digelar lomba seperti ini,” ujar Santoso.

Juara 1 Lomba Cita Menu Tingkat Kota Blitar 2019 diraih Tim Penggerak PKK Kelurahan Tanjungsari, Juara 2 Kelurahan Sentul, Juara 3 Kelurahan Tlumpu, Juara Harapan 1 Kelurahan Gedog, Juara Harapan 2 Kelurahan Blitar dan Juara Harapan 3 Kelurahan Bendogerit. Pemenang masing-masing menerima throphy dan Uang Pembinaaan. Khusus Juara 1 akan mewakili Kota Blitar di Lomba yang sama di Tingkat Provinsi Jawa Timur.(Yud)

Share icon