x

Tim Verifikator Proklim Nasional Melakukan Penilaian Ke Tanjungsari

Blitar Kota - Setelah dinyatakan lolos verifikasi tingkat provinsi Jawa Timur dan diusulkan ke Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional, kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, berhak mendapatkan penilaian lapang tingkat nasional. Verifikasi berlangsung Kamis, (20/06/2019). Ada dua petugas tim verifikator Proklim Nasional yang melakukan penilaian. Masing-masing, Sheny Nurul Aini, petugas dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Rusdiana Puspita Ayu, petugas dari provinsi Jawa Timur. 

Sheny mengatakan, dari 779 daerah yang mendaftar Proklim nasional tahun ini, ada 331 daerah yang dinyatakan lolos dan mendapatkan kesempatan untuk diverifikasi lapangan. Satu diantaranya, Kota Blitar yang memilih Kelurahan Tanjungsari. Verifikasi dilakukan untuk mengetahui aksi adaptasi perubahan iklim. Seperti adanya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pertanian terpadu, pemanfaatan air hujan serta menjaga sumber mata air dan penggunaan serta penghematan mata air.

“Menurut saya, kondisi di kelurahan Tanjungsari ini sudah bagus. Masyarakat sudah sadar untuk peduli lingkungan dan dampak yang dirasakan. Seperti adanya Kelompok Wanita Tani (KWT) yang termotivasi untuk menanam sayuran organik, karena kebutuhan. Daripada membeli, lebih baik mereka menanam dan menikmati hasil produksinya sendiri. Untuk menentukan layak dan tidaknya meraih penghargaan, bisa diketahui sekitar satu hingga dua bulan kedepan. Setelah adanya rekapan hasil verifikasi,“ kata Sheny. 

Sementara itu, Lurah Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Noviana Rahayu menargetkan, dalam penilaian Proklim 2019 ini, harapannya bisa raih penghargaan Proklim utama. 

“Mudah-mudahan bisa meraih prestasi seperti Karangsari. Menargetkan prestasi ini, karena partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan cukup tinggi,“ harap Novi. 
 
Dalam pengelolaan lingkungan, di kelurahan ini sudah membudaya. Penghargaan sebagai kelurahan berseri tingkat mandiri telah diraih. Bahkan sebelum penilaian Proklim Nasional, telah dinyatakan lolos verifikasi provinsi.(Der)

Share icon