x

Tahun Depan, Terminal Patria Kota Blitar Akan Direvitalisasi Mirip Bandara.

Blitar Kota - Revitalisasi Terminal Tipe A Patria Kota Blitar ini sesuai dengan rencana dari Pemerintah pusat. Terminal Patria akan dikonsep mirip dengan bandara. Demikian disampaikan Verie Sugiharto, Kepala Terminal Tipe A Patria, Kota Blitar.

Verie Sugiharto menjelaskan ada 40 terminal tipe A se-Indonesia yang akan direvitalisasi pemerintah pusat. Satu di antaranya Terminal Tipe A Patria Kota Blitar. Disinggung mengenai anggaran untuk revitalisasi, menurut Verie masih akan diusulkan tahun 2020. Namun untuk persiapannya, tahun ini akan dibuat Detail Engineering Design (DED). Sesuai dengan konsep, desain revitalisasi terminal dibuat mirip dengan bandara. Bangunan terminal berada di tengah, sementara bagian pinggir-pinggir digunakan untuk parkir pengantar penumpang.

“Untuk Jawa Timur ada beberapa terminal yang akan direvitalisasi, salah satunya Terminal Patria. Selain itu, ada terminal Kediri, Madiun, Jember, dan Sumenep,” kata Verie.

Verie menambahkan, revitalisasi terminal ini dilakukan setelah penyerahan aset dari Pemkot Blitar ke pemerintah pusat tuntas pada awal 2019. Ia berharap, adanya revitalisasi ini bisa membuat penumpang lebih nyaman, sehingga jumlah penumpang di terminal bisa meningkat. Saat ini, jumlah penumpang di terminal rata-rata 800-1.000 orang per hari.  (Kir)
 

Share icon