x

Pertahankan Kearifan Local, Kelurahan Karangtengah Bentuk Kampung Wisata Wono Madyo.

Blitar Kota - Tujuan Kampung Wisata ini dibentuk untuk membangkitkan kesadaran dan semangat warga, untuk menjaga seni, tradisi budaya dan kelestarian lingkungan sebagai Kampung yang inspiratif, inovatif dan alami.

Lurah Karangtengah, Tjutjuk Sarbuono  saat ditemui reporter di Kantornya, Selasa 02 Juli 2019 siang mengatakan, Kampung Wisata Wono Madyo yang dibentuk berupa pengembangan hutan kota yang berbasis ekonomi kreatif dan kerakyatan, untuk meningkatkan kesejahteraan warga Karangtengah. Selain penanaman penghijauan, pihaknya juga secara khusus melakukan perawatan dan pembenahan di Sumber mata air Mbah Bawuk dan mata air Aren, agar kondisi, fungsi dan peruntukannya, sama dengan jaman dulu, sehingga cocok menjadi lokasi wisata.

Untuk memaksimalkan penataan dan perawatan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup melalui Kecamatan Sananwetan terkait pengelolaan mata air yang benar. Pihaknya berharap, dengan dimulainya pengelolaan Kampung Wisata Wono Madyo, bisa meningkatkan kualitas kawasan lindung serta menumbuhkan kepedulian warga terhadap konservasi sumber mata air.

“Ini sebagian upaya kita untuk melestarikan kearifan local dan menjaga ekosistem agar tetap hijau dan lestari”Jelas Tjutjuk.

Lokasi Kampung Wisata Wono Madyo tepat berada di Jalan Sumba, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.(Yud)
 

Share icon