x

Perbesar Pasar Opak Gambir, Kelurahan Plosokerep Dukung Pengusaha Kembangkan Wisata Edukasi.

Blitar Kota - Wisata edukasi opak gambir dipilih untuk memperluas jaringan, sekaligus memberi nilai tambah wisatawan yang berbelanja opak gambir, untuk tahu lebih dekat proses pembuatan opak gambir.

Sekretaris Kelurahan Plosokerep, Tuti Reno Sumiar SP mengatakan, selain menambah pemasukan bagi pengusaha opak gambir, wisata edukasi dinilai mampu mendongkrak penjualan, karena secara tidak langsung, pengunjung akan memposting kegiatan mereka di media sosial, dan mengenalkan wisata edukasi opak gambir ke netizen. Selain itu, pihaknya juga rutin menggelar sosialisasi ke paguyuban pengrajin opak gambir, untuk berbagi informasi pasar, memperbarui strategi bisnis, dan target distribusi.

Saat ini, ada lebih dari 32 pengrajin opak gambir di Kelurahan Plosokerep, 20 diantaranya tergabung dalam paguyuban. Dengan adanya paguyuban, pengrajin tidak hanya fokus di hasil penjualan saja, tetapi juga penghasilan dari layanan wisata edukasi. Dan jika digabungkan, bisa dipastikan, pemasukan pengrajin opak gambir akan semakin meningkat.

“Kita terus dukung para pengusaha opak gambir diwilayah kita, agar mereka semakin maju dan inovatif,” jelas Tuti saat ditemui dikantornya, Selasa (02/07/2019)

Produk opak gambir dari Kelurahan Plosokerep selain sudah merambah beberapa Kota di Indonesia, saat ini juga sudah masuk ke pasar tiongkok.(Yud)

Share icon