x

Pemkot Blitar Raih Penghargaan LPPD Status Kinerja "Sangat Tinggi"

Blitar Kota - Sabtu, (17/10/2020), Kota Blitar kembali menorehkan prestasi atas diterimanya Penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dengan status kinerja "Sangat Tinggi". Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timut kepada Pjs. Wali Kota, di Gedung Grahadi Surabaya.

Jumadi, Pjs. Wali Kota Blitar melalui Kabag Tata Pemerintah, Setda Kota Blitar mengatakan, penghargaan ini merupakan apreasiasi Menteri Dalam Negeri, atas kinerja Pemerintah Daerah sesuai dengan Evaluasi Kinerja Penyelengaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Tahun 2018. Dengan mekanisme tahun pelaksanaan LPPD tahun 2018, lalu dievaluasi tahun 2019, kemudian diumumkan tahun 2020.

Damanhuri mengatakan, evaluasi LPPD Kota Blitar menunjukkan progres yang sangat bagus dengan skors 3,5 lebih. Capaian itu kemudian mengantarkan Kota Blitar masuk dalam jajaran daerah dengan status kinerja "Sangat Tinggi".

Menurut Damanhuri, penghargaan ini juga menjadi buah manis dari kerjasama OPD serta dukungan penuh dari masyarakat. Mengingat, indikator penilaiannya sendiri sangat banyak dari layanan jasa dan publik, dari bidang kesehatan, pendidikan, sosial, infrastruktur dan lain-lain.

“Urusan pemerintah itu kan banyak dari kewajiban umum, lalu kebijakan dasar juga menjadi indikator penilaian. Kita bersyukur karena tahun ini kita meraih status kinerja Sangat Tinggi, karena status kita sempat turun pada tahun 2017,” kata Damanhuri.

Namun demikian, Damanhuri berharap agar seluruh elemen pemerintahan tidak puas sampai disini. Capaian prestasi ini harus bisa menjadi motivasi penyelenggara pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Kedepannya Pemerintah Kota Blitar mentargetkan bisa bisa mencapai 10 daerah dengan LPPD terbaik tingkat nasional. (Kir)

Share icon