x

Pemkot Blitar Akan Pastikan Lokus Verifikasi Blitar Kota Sehat

Blitar Kota - Sebelum penilaian Blitar Kota Sehat tingkat Nasional yang diperkirakan akan berlangsung antara bulan Agustus hingga September 2019 mendatang, Pemerintah Kota Blitar melakukan berbagai persiapan. Di antara langkah yang dilakukan, melakukan rapat pembahasan Lokasi Khusus (Lokus) penilaian tim nasional. Melibatkan pihak-pihak terkait, rapat pembahasan rencana Lokus, telah berlangsung di Agrowisata Blimbing Karangsari, Rabu, (03/06/2019).  

Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Evaluasi Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar, Asrofi Romli mengatakan, sebelum tim verifikasi nasional berlangsung, akan memastikan penentuan Lokus, dan ditindak lanjuti dengan pembenahan-pembenahan. 

“ Dalam rapat ini Bappeda memfasilitasi dengan melibatkan pihak terkait, dari Organisasi Perangkat Daerah terkait dan Forum Blitar Kota Sehat. Dengan persiapan-persiapan yang dilakukan, penghargaan Swasti Sabha Wistara ke-3 tahun ini bisa tercapai,” harap Asrofi saat dikonfirmasi seusai rapat

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan mengatakan, Kota Blitar sudah dua kali meraih penghargaan sebagai Kota Sehat, Swasti Sabha Wistara. Diharapkan dari penilaian yang dilakukan setiap tahun ganjil atau dua tahun sekali ini, Kota Blitar dapat kembali meraih penghargaan. 

“ Verifikasi Kota Sehat ini memang bukan lomba atau penghargaan juara, namun kelayakan untuk meraih penghargaan sebagai kota sehat,” kata Dharma.  

Di antara rencana Lokus tim verifikasi kota sehat, IPAL Barokah Tanjungsari, lembaga sekolah Adiwiyata, Tempat Pariwisata seperti Istana Gebang, Hotel. Namun, tempat-tempat ini akan disurvey untuk disiapkan. (Der)

 

Share icon