x

Maksimalkan Potensi Yang Ada, Kelurahan Sananwetan Rencanakan Bangun Agrowisata.

Blitar Kota - Agrowisata yang akan dibangun tidak hanya mengandalkan potensi buah-buahan maupun olahannya, tetapi juga menggabungkan kesenian dan usaha mikro.

Sekretaris Kelurahan Sananwetan, Vitra Suwardani S.St mengatakan, sejak dulu Kelurahan Sananwetan dikenal sebagai penghasil buah jambu biji merah yang kualitasnya sangat bagus, selain itu saat ini banyak warga yang membudidayakan buah ini, meski hanya sekedar ditanam dipekarangan rumah dan hasil panennya untuk konsumsi keluarga. Untuk semakin mengenalkan dan mempopulerkan buah jambu biji, kelurahan akhirnya sepakat akan membangun Agrowisata khusus, untuk mendukung program Maya Juwita Pemkot Blitar.

Sesuai hasil koordinasi antara Kelurahan Sananwetan, Bappeda Kota Blitar dan LPMK, Agrowisata yang akan dibangun nanti tidak hanya mengandalkan potensi buah jambu biji merah saja, tetapi juga akan dilebur bersama Kesenian khas dari Kelurahan Sananwetan, seperti Jaranan dan Reog. Dan untuk mengakomodir serta meningkatkan perekonomian warga, Kelurahan akan melibatkan warga yang memiliki usaha mikro, untuk bergabung, menjadi bagian Agrowisata.

“Kita terus berusaha untuk menampung potensi warga, sekaligus mewujudkanya menjadi usaha yang bernilai ekonomis,” jelas Vitra saat ditemui di Kantornya, Rabu siang (03/07/2019)

Sesuai rencana, Agrowisata akan dibangun di tanah kas Kelurahan yang ada di Jalan Karimata Kelurahan Sananwetan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.(Yud)

 

Share icon