x

Lurah Sentul : Melalui Bersih Kelurahan Semoga Masyarakat Diberi Keselamatan, Keberkahan dan Kewarasan.

Blitar Kota - Bersih kelurahan merupakan ritual kebudayaan untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi ini masih lestari dibeberapa daerah, tak terkecuali Kota Blitar. Masing-masing kelurahan mulai menjadwalkan rangkaian kegiatan untuk menyemarakan tradisi itu. Di kelurahan Sentul misalnya, bersih kelurahan sudah dilaksanakan mulai tanggal 02 Juli 2019.

Lurah Sentul, Didik Setiawan mengatakan, bersih kelurahan sudah menjadi tradisi tahunan diwilayahnya. Kegiatannya mulai dari do’a bersama sampai kirab kebudayaan. Tahun ini, bersih kelurahan Sentul dilaksanakan beberapa hari. Diawali dengan Yasin Tahlil di balai kelurahan tanggal 02 Juli 2019. Kemudian dilanjutkan dengan Kirab budaya tanggal 03 Juli 2019, yang diikuti seluruh perwakilan RW setempat. Kegiatan masih dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit, yang dilaksanakan tanggal 04 Juli 2019, di balai Kelurahan Sentul. Lalu tanggal 05 Juli 2019 diisi dengan kegiatan tayub dilingkungan Jatimalang. Dan rangkaian kegiatan ditutup dengan pengajian di masjid Baitul Mukarromah tanggal 06 Juli 2019. 

“Alhamdulillah masyarakat selalu kompak, semoga melalui kegiatan ini masyarakat kelurahan Sentul selalu diberi keselamatan, keberkahan, dan kesehatan dalam segala hal” kata Didik.

Didik juga berharap tradisi bersih kelurahan tetap dilestarikan, karena bisa menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Blitar. (Kir)
 

Share icon