x

Kwarcab GP Kota Blitar Laksanakan Jelajah Literatur di Bulan Bung Karno.

Blitar Kota - Selain menjadi agenda rutin, jelajah literasi juga sebagai upaya Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka (GP) Kota Blitar menyemarakan Bulan Bung Karno. Kegiatan ini berlangsung di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Selasa (18/06/2019).

Ketua pelaksana Jelajah Literatur, Tri Purwanto mengatakan, tahun ini jelajah literatur diperuntukkan bagi anggota pramuka penegak, setingkat SMA-SMK. Tujuannya untuk mengajak anggota pramuka gemar membaca dan mencintai buku. Terdapat 54 peserta yang berpartisipasi dari SMA, SMK, MAN Blitar Raya. Seluruh peserta kemudian dibagi menjadi 27 tim, dan berkewajiban membuat sebuah karya ilmiah. Untuk kebutuhan bahan karya ilmiah, peserta diberikan keleluasaan untuk mencari literatur di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, internet, dan wawancara dengan sejarawan. Peserta juga berkewajiban mempresentasikan karyanya didepan dewan juri.

“Pramuka itu bukan hanya tentang tepuk dan tali tapi mengenal literasi juga perlu,” kata Tri Purwanto.

Sementara itu, dari 27 tim nantinya akan diambil tiga juara,yakni juara satu, dua, dan tiga. Selain itu, juga ada penambahan juara bagi sekolah pangkalan terjauh, dan sekolah pengirim peserta terbanyak. (Kir) 

Share icon