x

KPU Kota Blitar tetapkan DPT Pilwali 2020

Blitar Kota - Jumat, (16/10/2020), Setelah melalui proses panjang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwali 2020. Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat kota di salah satu hotel Jl. Melati Kota Blitar.

Ninik Solikhah, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Data dan Informasi mengatakan, DPSHP tingkat Kota Blitar ditetapkan menjadi DPT usai disampaikan secara terbuka dan tidak ada sanggahan dari Bawaslu Kota Blitar. Total ada 114.890 pemilih yang ditetapkan KPU Kota Blitar dalam DPT Pilwali 2020. Dengan rincian 56.024 pemilih laki-laki, dan 58.866 pemilih wanita. Menurut Ninik, jumlah pemilih dalam DPT mengalami peningkatan sebanyak 60 orang, dari DPS Pilwali 2020. Penambahan ini hasil pelaksanaan uji publik dan tindak lanjut saran perbaikan dari Bawaslu Kota Blitar.

Ninik mengatakan, penetapan DPT ini menjadi rangkaian panjang tahapan pemutakhiran data yang dimulai sejak Juli 2020. Sebelumnya DPS Pilwali 2020 sudah melalui tahap uji publik dan rekapitulasi tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Proses panjang ini ditempuh untuk mendapatkan data pemilih yang akurat.         

“Setelah uji publik, kami lakukan rekapitulasi di tingkat kelurahan tanggal 06 Oktober 2020, dan tingkat kelurahan tanggal 09 Oktober 2020,” kata Ninik.

Ninik menambahkan, meski sudah ditetapkan sebagai DPT Pilwali 2020, namun pihaknya bersama jajaran PPS dan PPK masih akan melakukan pendataan, jika ada masyarakat yang belum masuk DPT. Setelah ini masih ada proses DPT Hasil Perbaikan (DPT HP) dan DPT Tambahan  (DPT TB). (Kir)

Share icon