x

KPU Kota Blitar Perkirakan Anggaran Untuk Pilkada 2020 Mencapai 13 Miliar

Blitar Kota - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan pelaksanaan Pilkada pada tahun 2020 nanti. Kota Blitar menjadi salah satu daerah yang akan berpartisipasi. Meski jadwal pelaksanaan masih jauh, namun KPU Kota Blitar sudah mulai menyusun persiapan.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan, persiapan yang saat ini dilakukan masih pada tahap perencanaan anggaran. Besaran anggaran yang diusulkan untuk Pilkada serentak 2020 nanti, sebesar 13 milliar rupiah. Umam menjelaskan, sesuai rencana, usulan alokasi anggaran ini dilakukan dua tahap, di antaranya pada perubahan anggaran keuangan atau PAK APBD 2019 dan APBD 2020. 

Anggaran 2019 digunakan untuk penyusunan aturan dan publikasi penyelenggaraan Pilkada serentak. Sementara alokasi anggaran 2020 difungsikan untuk persiapan pelaksanaan Pilkada serentak. Mulai dari perekrutan anggota PPS, PPK dan KPPS. Umam menegaskan, pembahasan kebutuhan anggaran penyelenggaraan Pilkada ini akan dilakukan dalam waktu dekat, karena tahapan Pilkada akan dilakukan pada bulan September mendatang .

“Persiapan awal kita masih dalam bentuk pengusulan anggaran ke Pemerintah Kota,” kata Umam.

Umam menambahkan, tahapan Pilkada akan dimulai sembilan bulan sebelum pemungutan suara. Dengan demikian, pada Januari 2020 tahapan pelaksaan Pilkada harus sudah mulai. (Kir)

Share icon