x

Dukung UKM, Kelurahan Sananwetan Gelar 3 Program Khusus.

Blitar Kota - Kelurahan Sananwetan menggelar 3 program khusus, untuk mendukung UKMProgram khusus yang digulirkan di antaranya e-commerce, fasilitasi permodalan dan pelatihan ketrampilan.

Sekretaris Kelurahan Sananwetan, Vitra Suwardani S. St mengatakan, untuk program e-commerce, pihaknya menjalin kerjasama atau MoU dengan Universitas Islam Balitar, untuk pelatihan pengemasan dan metode promosi produk. Program ini sudah dimulai tahun 2018, tujuannya agar produk UKM warga Kelurahan Sananwetan bisa dikenal luas. Selain itu, pihaknya juga memberi program fasilitasi permodalan melalui perbankan. Dimana secara khusus pihak Kelurahan membantu fasilitasi administrasi persyaratan pengajuan, agar cepat disetujui.

Program lain berupa pelatihan ketrampilan, bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Blitar, mengajak pemilik usaha kecil dan pelaku UKM, untuk menambah ilmu melalui pelatihan dari nara sumber yang sudah berpengalaman di dunia usaha. Target dari program ini agar pengetahuan dan kemampuan warga mengelola usahanya jadi meningkat, sehingga bisa tahu celah untuk usaha, dan tahan terhadap gempuran dari kompetitor.

“Itu usaha kita agar warga Kelurahan Sananwetan bisa bertahan dan bersaing di dunia usaha,” jelas Vitra saat ditemui di Kantornya, Rabu (03/07/2019).

Hasil dari 3 Program yang sudah dijalankan Kelurahan Sananwetan itu di antaranya, munculnya usaha echo joyo dan dodol kacang hijau yang saat ini berkembang pesat, dan bisa bersaing dengan produk serupa dipasaran.(Yud)

Share icon