x

Dinas Kesehatan Kota Blitar Waspadai Penyakit Hepatitis A.

Blitar Kota - Penyakit hepatitis A beberapa hari terakhir santer dibicarakan masyarakat, setelah mewabah di Kabupaten Pacitan. Bahkan ditetapkan sebagai kejadian luar biasa. Agar tidak mengalami hal serupa, Dinas Kesehatan Kota Blitar melakukan upaya pencegahan. 

Kepala Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular-Dinas Kesahatan Kota Blitar, Dissie Laskmonowati Arlini menjelaskan, meski belum ada temuan, namun pihaknya tetap mewaspadai penularan hepatitis A diwilayah kerjanya. Dinas Kesehatan Kota Blitar bersama puskesmas dan rumah sakit, menetapkan waspada dini terhadap hepatitis A, mengingat penyakit ini sudah menjangkit beberapa daerah, Trenggalek, bahkan Kabupaten Blitar. 

Untuk itu, Dissie bersama jajaran meningkatkan sosialisasi, agar masyarakat terus menerapkan pola hidup sehat, dan segera melapor jika menemukan gejala hepatitis A dilingkungan sekitarnya. 

“Kita waspadai agar tidak sampai ke kejadian luar biasa, sehingga kita harapkan, kalau masyarakat menemukan gejala-gejala hepatitis A pada keluarga atau tetangga, segera melapor. Gejalanya diawali dengan demam, lemas, adanya gangguan pencernaan, dan yang lebih spesifik bola mata dan kulit ada perubahan warna kuning” jelas Dissie. 

Disse menambahkan, hepatitis A merupakan jenis penyakit yang bisa disembuhkan namun penularannya sangat mudah. Melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus. (Kir)
 

Share icon