x

Diduga Peninggalan Purbakala, Penemuan Lumpang di Karangtengah Diamankan

Blitar Kota - Selasa, (20/10/2020), Benda yang diduga peninggalan purbakala itu berbentuk jambangan atau lumpang yang ditemukan di area persawahan belakang STKIP PGRI Blitar, Kelurahan Karangtengah awal bulan lalu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan, temuan benda itu bermula dari laporan warga yang kemudian diteruskan ke Camat Sananwetan. Pihaknya, kemudian langsung mendatangi lokasi penemuan. Menurut Tri Iman, benda mirip lumpang itu memiliki panjang 2 x 1,5 Meter, dan ditemukan pada kedalaman 50 cm. Selain itu juga ditemukan potongan batu bata yang dilihat sekilas mirip dengan batu bata yang ditemukan di situs Candi Gedog. Tri Iman menegaskan, menurut keterangan warga sekitar, mereka sering kali menemukan potongan batu bata dengan ukuran sama. Namun karena kondisinya tidak utuh, dimanfaatkan masyarakat untuk menguatkan saluran pengairan sawah.

Tri Iman mengaku, telah melaporkan temuan itu ke BPCB Jawa Timur saat melakukan eskavasi Candi Gedog tahap ke dua. Sesuai rekomendasi dari BPCB, agar temuan itu diamankan sementara di kantor dinas setempat. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kerusakan yang disebabkan oleh manusia atau alam.

“Karena itu lahan milik warga, jadi kita minta lurah dan Camat untuk melakukan pendekatan terlebih dulu. Nanti kita amankan ke kantor dinas supaya bisa dilestarikan,” kata Tri Iman.

Tri Iman menambahkan, berdasarkan bentuk temuan itu pihaknya menduga, dulunya digunakan untuk orang bersuci sebelum memasuki area peribadatan. (Kir)

Share icon