x

Debat Pilwali Kota Blitar Pertama Sukses Digelar

Blitar Kota - Kamis, (22/10/2020), Debat publik Pilwali 2020 yang pertama di Kota Blitar yang digelar di Gedung Kesenian Aryo Blitar selesai digelar. Meski terbilang lancar dan kondusif, Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar telah mencatat beberapa poin penting, yang dijadikan evaluasi Debat Pilwali ke dua, 10 November 2020.

Choirul Umam, Ketua KPU Kota Blitar mengatakan, secara umum evaluasi dari KPU berkaitan dengan teknis, termasuk teknis eksekusi pertanyaan dan jawaban dari masing-masing paslon. Menurutnya, paslon masih perlu beradaptasi lagi, Misalnya pada segmen empat atau debat terbuka, harusnya bisa menjadi momen seru bagi kedua paslon untuk saling mendebat satu sama lain. Namun pada debat publik pertama ini kedua paslon cenderung saling menjaga tensi.

“Momen menarik itu di debat terbuka sebenarnya, cuman mungkin ini karena masih awal, masih penyesuaian sehingga mungkin butuh adaptasi bagi kedua paslon,” jelas Umam.

Umam berharap, untuk debat selanjutnya, kedua paslon bisa lebih hangat lagi dalam menyampaikan program kerja serta ide gagasan dalam membangung Kota Blitar, jika terpilih menjadi pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar.

“Rencananya debat publik ke dua, dilaksanakan 10 November 2020 dengan mengusung tema Tata Kelola Pemerintah,” kata Umam.

Sementara itu, pada debat publik pertama ini, KPU Blitar mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, yang didalamnya juga memuat isu hangat berkaitan pandemi Covid-19. Dalam penyusunan pertanyaannya sendiri, KPU Kota Blitar melibatkan 5 panelis dari luar kota. (Kir)

Share icon