x

Cegah Zoonosis, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Gelar KIE

Blitar Kota - Jum'at, (23/10/2020), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar melalui Bidang Peternakan Seksi Kesehatan menyelenggarakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Sekolah Kesmavet Ibu Rumah Tangga untuk mencegah penyakit Zoonosis yang dapat berpindah dari hewan ke manusia dalam menyediakan produk hewan ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Kegiatan berlangsung di Aula Kelurahan Sukorejo.

Dewi Masitoh, Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar mengatakan, KIE ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Zoonosis yang dapat berpindah dari hewan ke manusia. Sasaran dalam kegiatan KIE di Wilayah Kecamatan Sukorejo menuju pada para pelaku usaha potong ayam (jagal ayam), yang mana pada awal Tahun 2020 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar mendapati temuan adanya ayam tiren untuk diolah menjadi bahan pangan. Dewi juga menjelaskan, dalam KIE ini menghadirkan narasumber Kemenag Kota Blitar untuk memberikan materi terkait penyembelihan yang halal dan sesuai dengan syariat.

Dewi menambahkan, KIE yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar mengundang 25 orang perwakilan pelaku usaha potong ayam (jagal ayam) se-Kecamatan Sukorejo yang mayoritas sebagai ibu rumah tangga.

“KIE ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Zoonosis yang dapat berpindah dari hewan ke manusia,” jelas Dewi.

Dewi berharap, dengan adanya KIE Sekolah Kesmavet Ibu Rumah Tangga dapat menghasilkan daging yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), serta terhindar dari beberapa penyakit yang di timbulkan oleh hewan yang dapat berpindah ke manusia. (Fan)

 

Share icon