x

Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Blitar Raya Himbau Sekolah Tidak Wajibkan Siswanya Beli Seragam Baru.

Blitar Kota - Setelah sempat terhenti satu tahun, tahun ini program seragam gratis bagi siswa SMA/SMK kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Melalui surat edaran Dinas Pendidikan Jawa Timur, seragam yang akan diberikan ini berupa setelan abu-abu putih, dan pramuka. Demikian disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Blitar Raya, Trisilo Budi Prasetyo.

Trisilo menegaskan, sampai saat ini seragam gratis masih dalam proses lelang, yang membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan. Diprediksi seragam gratis siap bulan September dan Oktober 2019, dalam bentuk kain. Untuk itu, pihaknya memberikan keleluasaan bagi orangtua yang ingin membelikan seragam gratis secara mandiri. Sementara pihak sekolah, juga dilarang memaksa pembelian seragam gratis melalui koperasi atau komite sekolah, kecuali atas kesepakatan atau permintaan orangtua/wali. 

Trisilo menambahkan, selama seragam gratis belum siap, pihak sekolah juga wajib memberikan keleluasaan bagi siswa yang masih menggunakan seragam SMP.

“Jadi silahkan, yang ingin beli bisa di koperasi atau di toko. Tapi yang kurang mampu ingin menunggu seragam, juga tidak masalah menggunakan seragam SMP, pihak sekolah harus memaklumi,” jelas Trisilo.

Pemberian seragam gratis ini merupakan program dari Gubernur Jawa Timur, untuk mengurangi angka putus sekolah, dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) wilayah Jawa Timur. (Kir)

Share icon